Perbaikan Pertama Ponsel Terkena Air

Dalam pekerjaan yang aku lakukan sekarang ini, bepergian menggunakan sarana air bukanlah menjadi suatu hal yang asing lagi. Bahkan tidak jarang berjalan berendam dalam genangan air dan lumpur.
Sementara, saat ini ponsel seakan menjadi barang wajib yang keberadaannya tidak boleh tertinggal, walau hanya dalam hitungan detik. Oleh sebab itu, sangat besar kemungkinan ponsel terkena air saat melakukan perjalanan tersebut.

Berikut, langkah perbaikan pertama ponsel terkena air.

pertolongan pertama ponsel terkena air

Gambar dari empatlimacommunity.blogspot.com

  • Perhatikan, apakah ponsel masih menyala atau tidak. Bila saat itu ponsel masih dalam keadaan menyala, maka segera matikan ponsel tersebut, dan bila ponsel mati, jangan mencoba untuk langsung menyalakannya untuk menghindari terjadinya hubungan arus singkat atau konslet.
  • Segera lepas baterai, casing dan segala aksesorisnya lalu keringkan.Dalam mengeringkan komponen ponsel ini, sebaiknya dilakukan di bawah sinar bola lampu, menggunakan blower atau kipas angin. Jangan mengeringkan LCD atau layar ponsel dibawah sinar matahari langsung atau tempat yang terlalu panas karena bisa merusak elemennya.
  • Hilangkan titik-titik air yang terlihat menggunakan tisu atau kapas dan bersihkan konektor-konektornya menggunakan alkohol atau contact cleaner untuk menghindari terjadinya karat.
  • Diamkan ponsel selama seharian agar ponsel benar-benar kering dan tidak ada air yang tertinggal.

Nah, itu adalah hal yang biasa aku lakukan sebagai pertolongan perbaikan pertama bila ponsel terkena air.
Tapi bila sudah melakukan hal tersebut masih saja belum berhasil membuat ponsel kembali bernyawa, maka langkah yang paling tepat tentu saja dengan membawanya ke ahli reparasi ponsel.

Tapi bagaimanapun, tentu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Maka, sebelum bepergian menggunakan sarana air, perlu dipastikan ponsel sudah ditempatkan pada tempat yang sesuai dan mampu menjaga agar tidak terkena air.

Incoming search terms:

anything