Pasang Daftar Isi Blogger

expand-widget

Kemarin, saat aku menjenguk blog aku yang memakai blogspot di http://hidupbelajar.blogspot.com, ada seorang temen yang bertanya tentang caranya membuat daftar isi.

Seperti yang telah aku tulis di artikel terakhir di sana, bahwa aku akan sepenuhnya memakai nuralief.web.id sebagai sarana ngeblog, so aku akan coba jawab pertanyaan itu di sini.


Nah…, sebelum memulai menambahkan daftar isi dalam blog temen-te,men, ada baiknya lakukan back up terlebih dahulu terhadap theme yang temen-temen pakai. Caranya dari dashboard, pilih tata letak, trus pilih edit html.
Nah…, lok sudah klik Download Template Lengkap

Jika pem back up an sudah dilakukan dengan baik, langkah selanjutnya adalah member5i centang pada tulisan Expand Widget Templates agar theme terbuka seluruhnya.

expand-widget

Tunggu hingga beberapa saat hingga proses selesai. dan bila sudah selesai, cari bagian berikut.

<b:include data='post' name='post'/>

Lok dah ketemu, ganti kode tersebut dengan kode seperti berikut.

<b:if cond=’data:blog.homepageUrl != data:blog.url’>
<b:if cond=’data:blog.pageType != “item”‘>
<a expr:href=’data:post.url’>
<div style=”padding:6px 0 6px 5px;border-right:1px solid #ccc;border-bottom:1px solid #ccc;margin-bottom:2px;background:#22F225;color:#406A0E;”>
<data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:include data=’post’ name=’post’/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data=’post’ name=’post’/>
</b:if>

Setelah itu simpan thema yang baru saja temen temen ubah tersebut.

Langkah selanjutnya adalah membuat pemanggil daftar isi tesrbut.

Caranya, buat sebuah elemen halaman, teserah mau diletakan di mana, yang penting sebuah elemen halaman. Pada windows yang terbuka, pilih HTML/JavaScript, trus masukan kode berikut ke dalam kontennya.

<a href="http://NamaBlogKamu.blogspot.com/search?max-results=300">Daftar isi</a>

Langkah terakhir tentunya menyimpan widget yang baru saja temen-temen buat tersebut.

Oh ya, ada yang ketinggalan, ganti NamaBlogKamu dengan nama blog temen-temen sendiri, dan nilai 300 adalah jumlah maksimal judul artikel yang akan ditampilkan dalamm satu halaman daftar isi.

Nb.
Karena artikel ini ditulis dalam platform wordpress, sangat mungkin bila kode-kode tersebut diatas langsung diaplikasikan akan mengalami eror. Untuk mengatasinya, ganti semua tanda petik, baik tanda petik satu (‘) maupun tanda petik dua (“) secara manual.