Setting Brightness Acer Aspire 4750

Sejak pertama kali membeli notebook Acer Aspire 4750, dan memasangkannya dengan linux mint aku memiliki sedikit masalah pada management daya yang aku anggap kompputer ini terlalu boros energi. Hal ini disebabkan oleh tidak bisa diaturnya kecerahan layar pada acer aspire 4750 ini. Sampai kemarin aku mencoba menggunakan linux mint 13, Maya menggantikan Katya yang selama ini sudah menemaniku.

Sebenarnya, secara default kita juga tidak dapat melakukan setting brightness pada acer aspire 4750 ini menggunakan apa yang dibawa oleh si Maya. Untuk melakukan setting brightness ini, pada awalnya aku menggunakan seetting pada compiz. Dari CompizConfig Setting Manager, pilih Accessibility ->Opacity, Brightness and Saturation adjusment dan pilih tab Brightness.

setting brightness using compizKlik tombol yang bertulis “Disabled” dan ubah nilainya untuk membuat jalan pintas pengaturan kecerahan pada acer aspire 4750.

Dengan menggunakan metode ini, saat aku coba pada acer aspire 4750 dengan linux mint maya, memiliki kelemahan dimana kita hanya bisa mengubah brightness dari jendela/aplikasi yang aktif saja, bukan seluruh jendela.

Caara lain untuk mengubah setting brightness acer aspire 4750 adalah dengan melakukan perubahan pada file rc.local yang berada di folder etc.

sudo pluma /etc/rc.local

Tambahkan tanda “#” sebelum “exit 0″ dan tambahkan kode “echo 84 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness” dibawahnya, sehingga file rc.local tersebut menjadi seperti berikut ini.

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.
# exit 0
echo 84 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness

Langkah berikutnya adalah menjalankan perintah berikut di terminal sebagai administrator.

echo 84 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness

Kelemahan menggunakan cara ini pada acer aspire 4750 yang aku sandingkan dengan linux mint 13 maya adalah kita harus selalu melakukan cara diatas bila mau merubah tingkat kecerahan layar. Dan hal ini tentunya sangat tidak praktis dan merepotkan.

Cara ke tiga untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada acer aspire 4750 adalah dengan melakukan sedikit perubahan pada grub dan aku rasa cara ini adalah yang paling bagus.

sudo pluma /etc/default/grub

Cari dan temukan code GRUB_CMDLINE_LINUX=”” dan ubah menjadi?GRUB_CMDLINE_LINUX=”acpi_backlight=vendor” lalu simpan.
Langkah selanjutnya adalah meng-update grub.

sudo update-grub

Tunggu beberapa saat lalu restart acer aspire 4750.
Untuk mengatur kecerahan sendiri bisa dengan kombinasi tombol Fn+LeftArrow atau Fn+Right Arrow.

Incoming search terms:

pengaturan cahaya laptop acer,cara setting brignes acer aspire one,cara meredupkan layar laptop acer aspire 4740,cara meredupkan layar laptop aspire one happy,Cara seting brightnes laptop acer 4750,meredupkan layar acer aspire,cara atur pencahayaan di laptop aspire 4349,cara atur kontras acer 4750z,cara atur cahaya leptop aspire 4740,brightness acer 4750 linux