Membuat Aplikasi Android: Persiapan

Di Indonesia, android baru saja booming dan menarik perhatian. Operating System besutan om Google ini begitu cepat menyebar dan menjadi OS yang banyak dicari.

Gak salah memang kalau android ini relatif begitu cepat berkembang, dikarenakan OS ini bersifat open source, sehingga semua orang bisa ikut mengembangkan si android ini sesuai kebutuhannya. Selain itu perkembangan android sendiri yang relatif cepat bisa menutupi kekurangan dan celah keamanan serta penambahan fitur yang gak kalah dengan kompetitornya pasti menjadi daya tarik sendiri.

Berbekal sifatnya yang open source ini, yang mana memungkinkan semua orang untuk mengembangkan android, google sendiri selaku pemilik dan pengembang utama si android ini juga menyediakan SDK yang memungkinkan kita membuat aplikasi sendiri. Salah satu syarat untuk membuat aplikasi android tentu saja mengkondisikan komputer yang kita pakai.

Berikut adalah hal-hal yang diperlukan untuk membuat aplikasi android sendiri.

1. Install Eclipse
Eclipse ini diperlukan bila kita mau membuat apliksi android menggunakan plugin?Android Development Tools (ADT). Sebenarnya gak wajib untuk menggunakan eclipse, tapi dengan memakainya jadi memudahkan kita untuk membuat aplikasi itu.

Untuk mendapatkan eclipse, bisa diunduh secara gratis di?http://www.eclipse.org/downloads. Pilih aja eclipse clasic?3.5 Galileo, karena ada kabar yang menyebutkan kalau eclipse ?3.6 Helios ada sedikit masalah dengan ADT.

2. Install Android SDK
Sebelum menginstall Android SDK, pastikan JDK versi 5 atau 6 sudah terinstall dalam komputer . JDK ini dapat diunduh di http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp.

Untuk download Android SDKnya sendiri, bisa ke?ttp://developer.android.com/sdk/index.html. Silakan pilih yang paling sesuai dengan sistem opeasi komputer teman-teman dan ekstrak.

3. Istall ADT pada Eclipse
Add software eclipseUntuk memulai membuat aplikasi android memakai Eclipse, kita perlu menambahkan ADT pada eclipse tersebut. Buka Eclipse–>Help–>Install New Software–>Add. Pada dialog Add Site, isi Name dengan Android dan Location dengan https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ dan klik OK, maka akan dibawa ke dialog Available Software dan tunggu saja sampai status “pending” selesai.

Setelah proses selesai, pastikan muncul “Developer Tools” dan centang saja kotak yang disebelahnya terus klik “next”.
install developer tools
Pada dialog yang muncul selanjutnya, klik ?”I accept” untuk menerima perjanjiannya dan klik “Finish” untuk mulai memproses instalasinya.
Dan setelah selesai, restart Eclipse.

4. Menambah Platform Android
Perlu diketahui, bahwa Android SDK yang telah kita unduh tadi hanya berisi tools utama saja. Dia belum termasuk platform android yang akan kita jadikan sebagai media mencoba menjalankan aplikasi yang ?kita buat di eclipse.

Buka Android SDK and AVD Manager, yang mana untuk linux ada di /android-sdk-linux_x86/tools/android dan untuk windows silakan di sesuaikan karena aku memakai ubuntu linux pada netbook acer aspire oneku.

Pilih “Available Packages”, expand “Android Repository” lalu centang salah satu platform yang tersedia, misalnya “SDK Platform Android 2.2, API 8 revision 2″ dan klik “Install Selected”install platform android
Proses instalasi akan memakan waktu beberapa saat, tergantung dari jumlah dan besar paket yang kita pilih.

Unutk sementara cukup segini ajah, lagian kalau mau mendownload semua kebutuhan diatas saja sudah cukup untuk menguras bandwith, jadi satu satu aja dulu. Untuk artikel selanjutnya, aku akan mencoba menulis tentang membuat sebuah aplikasi baru dan menyisipkan iklan admob pada aplikasi android.

Incoming search terms:

syarat menjadi developer android,cara membuat pencarian tiket pesawat di eclipse,syarat jadi pengembang aplikasi android,syarat menjadi pembuat aplikasi