Masalah Pada phpmyadmin

Setelah kemarin berhasil menginstall LinuxMInt 11 Katya dan berhasil melakukan setting compiz, langkah awal yang aku lakukan adalah mengkondisikan agar notebook acer aspire 4750 yang aku miliki bisa dikondisikan sebagai localhost untuk menginstall wordpress. Untuk install wordpress pada ubuntu atau pada turunannya sudah pernah aku tulis kemarin.

Semua instruksi dan petunjuk sudah aku lakukan semua dengan benar dan saat mengetikkan localhost pada browser sudah menunjukan hasilnya.

sukses install web serverMasalahnya adalah saat mau membuat sebuah satabase, dan menuliskan http://localhost/phpmyadmin, dia menunjukan kesalahan bahwa tidak ditemukan alamat yang diminta. Dengan kata lain phpmyadmin tidak ada, padahal dengan sangat yakin aku sudah menginstallnya dengan benar.
Unutk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Phpmyadmin berada di directory /usr/share, dan agar kit abisa mengaksesnya lewat web browser, cukup buat sebuah link yang menuju ke directory /usr/share/phpmyadmin dan diletakan di /var/www,

$ sudo ln -s /usr/share/phpmyadmin/ /var/www/phpmyadmin

Walaupun sudah membuatlink menuju ke phpmyadmin, saat mengeksekusinya di browser, ternyata masih terdapat masalah. Bukannya membawa pada halaman muka phpmyadmin, dia malah mendowload sebuah file dengan format phtml. Untuk mengatasinya soba melakukan restart terhadap pachenya.
$ sudo /etc/init.d/apache2 restart
Dan ternyata setelah Apache di restart, semua berjalan dengan normal.

login phpmyadmin

Incoming search terms:

phpmyadmin tidak ditemukan