Upgrade Froyo Samsung Galaxy 5

Setelah menunggu sekian lama kepastian dari pihak samsung yang gak kunjung dateng, Bahkan denger-denger ada samsung galaxy 551 yang memiliki spesifikasi yang kurang lebih saja dengan Samsung Galaxy 5, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan upgrade froyo samsung G 5 ini sendiri.

Mulanya sie sempet khawatir kalau proses upgrade foyo samsung galaxy i5503 ke froyo ini mengalami stuck dan gagal. Tapi kalau gak pernah dicoba, mana kita tahu bahwa upgrade samsung galaxy 5 dari versi Eclair ke Froyo ini bisa dilakukan sendiri atau tidak?

Sebenarnya untuk upgrade froyo samsung galaxy 5 ini gak terlalu sulit. Cukup sediakan beberapa peralatan berikut dan semuanya siap untuk dimulai.

  1. Odin, aplikasi ini berjalan di atas sitem windows, yang mana berfungsi sebagi tool utama untuk melakukan proses flashing/upgrade-downgrade samsung galaxy 5.
  2. Custom ROM, dikarenakan dari pihak samsung sendiri belum mengeluarkan android froyo yang resmi untuk samsung galaxy 5, aku memakai custom rom dari motafoca.
  3. Doa

Sebelum memulai melakukan upgrade samsung galaxy 5 ke froyo, ada baiknya dan sangat dianjurkan untuk melakukan back up terhadap semua data yang ada di memori internal samsung galaxy ini. Untuk kontak, karena aku menyimpan semua kontak di akun gmail, jadi gak pusing melakukan backup terhadapnya, tapi untuk aplikasi, bisa di back up dengan titanium back up, ada di market. Aplikasi ini memerlukan akses root, jadi install juga Universalandroot sebelum install titanium back up.

Jalankan odin, ?pilih file OPS, centang pada bagian One Package dan pilih custom rom yang berekstensi .tar.md5. Jika berhasil, hasilnya akan seperti berikut.

jalankan odin

Jika sudah, matikan ponsel samsung galaxy 5nya, lepas batre, simcard dan mini sd card. Hidupkan kembali dengan masuk ke menu download, dengan cara menekan tombol volume (-), tombol tengah dan power secara bersamaan saat ponsel dalam keadaan mati sampai terlihat gambar segitiga dengan lambang android yang sedang memegang (seperti) skop. Selanjutnya, hubungkan samsung galaxy 5 menggunakan kabel data ke komputer dan tunggu hingga odin mendeteksi keberadaannya. Oh ya, pastikan sudah menginstall driver si samsung galaxy i5503/i5500 ini sebelum menghubungkannnya dengan odin.

menghubungkan odin dan ponsel

Saat sudah terhubung, akan ada keterangan seperti di ataas, lalu siap untuk memulai dengan klik start. Saatnya untuk bersabar dan berdoa agar semua berjalan lancar tanpa ada halangan.Beberapa kali melakukan proses flushing, rata-rata memerlukan waktu 5 menit sampai seua semesai.

flushing sukses

Saat mencoba custom room CM 2.0.9, saat proses flushing hampir selesai, ponsel booting dalam mode recovery, pilih?”wipe data/factory reset” lalu konfirmasi dengan memilih “yes” pada pilihan selanjutnya, maka sistem akan kembali reboot pada recovery mode. Kali ini pilih?”reboot system now”.

 

Download:

  1. Odin
    Download odin di sini
  2. Custom rom
    File OPS di sini
    CM 2.0.9
  3. Universal Androot

 

Note: untuk info terbaru tentang custom rom dari motafoca, bisa dilihat di situs resminya, http://g5devteam.com atau bisa mantengin kaskus.

Incoming search terms:

upgrade samsung i5500 galaxy 5 upgrade android,cara memasang sim card samsung galaxiE5