Perbaikan Samsung Galaxy 5 Batrey Drop

Perbaikan battery samsung galaxy 5 drop

Gambar dari www.pinoytechblog.com

Samsung Galaxy 5 atau Samsung Galaxy i5503/i5500 yang sudah aku miliki sejak tiga tahun yang lalu tiba-tiba menunjukkan gejala penyakit klasik ponsel tua.
Belum tua-tua amat sih sebenarnya, masih berumur sekitaran tiga tahun saja dan masih sangat-sangat layak dipakai.

Masalah tersebut adalah lemahnya daya tahan batrey yang dipakai untuk menopang kehidupan si Samsung Galaxy 5 tersebut.

Baru saja di-charge penuh, tiba-tiba dalam waktu kurang dari lima menit sudah ada peringatan batrey kosong dan minta di-charge ulang.

Pada ponsel pintar, pengaturan daya batrey, selain tergantung dari kapasitas batrey itu sendiri, juga tergantung dari software yang dipakai pada ponsel tersebut.
Berikut troubleshoting yang aku lakukan untuk perbaikan Samsung Galaxy 5 Batrey Drop.

  • Check kondisi fisik batrey
    Batrey yang rusak biasa ditandai dengan menggelembungnya batrey pada bagian tengahnya. Lepas batrey dan perhatikan baik-baik, apakah ada penggelembungan pada batrey tersebut. Putar batrey pada permukaan yang halus dan rata bila perlu.
  • Pastikan tidak ada short circuit
    Short circuit atau konslet bisa juga menyebabkan energi yang tersimpan dalam batrey terkuras dengan cepat. Bahkan terjadinya kerusakan pada perangkat atau lebih parah lagi ponsel meledak.
    Periksa konektor logam yang berada di batrey dan juga pada body ponsel.
  • Gunakan pengaturan standart
    Pada beberapa custom room kita diberikan keleluasaan untuk mengatur clock speed dari prosesor yang dipakai. Over clocking ini berguna untuk meningkatkan performa dari ponsel pintar, tapi dia memiliki efek samping menjadikan perangkat yang lebih cepat panas bahkan over heat dan juga rakus akan konsumsi daya. Jadi unutk pemakaian sehari-hari jauh lebih baik bila memakai pengaturan standart
  • Wipe battery status
    Seperti halnya komputer yang bisa mengalami crash program, ponsel pintar pun mengalaminya. untuk wipe battery status ini akan mudah ditemukan bila kita sudah menginstall CWM di bagian “advenced” lalu pilih “Wipe Battery Stats” lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
    Setelah proses selesai nyalakan ulang ponsel dan lihat hasilnya.

Incoming search terms:

baterai samsung galaxy 5