Install Wine Pada Ubuntu 9.10

Saat pertama aku memutuskan untuk memakai Ubuntu sebagai system operasi utama, banyak yang menanyakan bagaimana Ubuntu itu. Ada yang bilang Ubuntu dan Linux pada umumnya itu susah untuk dijalankan.
Tentu saja aku mencoba untuk menyakinkan kalau Ubuntu itu sebenernya juga mudah, dan terlihat sulit karena memang belum pernah mencobanya.

Dengan penjelasan seperti itu pada umumnya mereka mau mengerti dan mau mencoba untuk memakai ubuntu asal mendukung program-program yang biasanya mereka gunakan. Dan kebanyakan pada beralasan bahwa Ubuntu tidak support program sotoshop atau program-program yang lain.

Sebenernya, program macam sotoshop dan program-program undwer windows yang lain masih bisa dijalankan kok di Ubuntu. Tentunya dengan memakai wine sebagai perantaranya.

Proses install wine pada ubuntu 9.10 karmic koala sangat mudah, saratnya hanya terhubung ke internet saja.

Dari menu Applications pilih Ubuntu Software Center, pada jendela yang terbuka ketikan “wine” pada kolom pencarian yang ada pada kanan atas untuk mempercepat pencarianya.

install wineKlik dua kali pada bagian Wine Microsoft Windows Compability Layer, atau klik tanda anak panah untuk melihat rincian lebih lanjut. Setelah halaman rincian terbuka, scroll ke bawah sampai temen-temen menemukan tombol untuk melakukan instalasi, cukup klik aja tombol pasang untuk menginstall wine.

penginstalan wineAkan diminta password untuk melakukan instalasi, masukan pasword dengan benar maka akan terbuka sebuah jendela progres pemasangan wine. Tunggu ajah sampai selesai, kalo koneksi bagus gak akan lama kok.

Jika penginstalan berhasil dengan sukses, pada menu Applications, ada tambahan sebuah menu baru, yaitu Wine. Klik configure Wine untuk melakukan pengaturanya.

Pada wine yang aku install ini, windows yang disupport adalah mulai dari Windows 2.0 sampai Windows 2008.

Nah, untuk menjalankan sebuah program Windows, tinggal klik kanan program yang ingin dijalankan dan pilih Open With Wine.

Cukup gampang kan untuk menjalankan program windows pada ubuntu?

Incoming search terms:

cara install wine di ubuntu 9 10,install wine di ubuntu 9 10,cara install wine di linux 9 10,instal wine di ubuntu 9 10,wine untuk ubuntu 9 10,wine untuk ubuntu kermic koala