Mengembalikan Password WordPress

Dalam urusan blogging, tak jarang kita harus kehilangan password. Entah itu karena lupa atau karena diisengin oleh orang. Dalam kasus lupa password, sering kali ada fasilitas pengingat password.
kehilangan passwordUntuk wordpress sendiri, bila kita lupa password, kita bisa klik link pengingat yang ditawarkan bila kita salah memasukan password wordpress kita atau secara default ada dibawah kolom isian.

Tapi masalahnya bagaimana kalau kita lupa email atau link yang diberikan dianggap tidak falid oleh wordpress? Atau lebih parah ternyata akun kita ada yang mengusili dan telah mengganti emailnya?

Selama kita memiliki akses ke cpanel dan phpmyadmin untuk melakukan sedikit perubahan pada database, kita masih bisa kok memulihkan akun kita yang telah hilang passwordnya itu.

phpmyadminLangkah pemulihanya cukup mudah, yaitu masuk ke CPael kamu. Jika sudah masuk, pilih phpMyAdmin.

Lihat pada sidebar sebelah kiri pada halaman yang terbuka. Disana tertera semua database yang terpakai untuk akun yang temen-temen pakai. Pilih nama database yang dipakai oleh blog wordpress temen-temen. Kalau gak tau mana database yang dipakai, coba lihat pada file wp-config.php pada file wordpress

.

memilih databaseSebagai contoh disini aku memilih database yang bernama “baru”. Klik nama database tersebut dan tunggu sampai loading selesai. Dan jika sudah terload secara benar, cari “wp_users” dan klik browse untuk melihat semua user yang ada pada wordpress kita

.

pilih wp_users

Jika sudah klik browse, dan terlihat semua akun user. Pada halaman ini terlihat nomer id, user name, password yang terenkripsi, user nikc name dan user email.
Untuk mengembalikan password kita, klik edit atau gambar pensil pada akun kita, jangan tanda silang, karena itu akan menghapus akun tersebut.

edit akun

Jika sudah terbuka, langsung lihat field user_pass. Pada bagian Function, pilih MD5 dan bagian Value, isi dengan password baru yang mau dipakai.

ganti password wordpress

Jika sudah jangan lupa untuk klik go agar semua perubahan tersimpan.

Dan akhirnya, coba login ke wordpress dengan password baru yang telah diubah lewat phpmyadmin tadi. :)

  • http://tomipurba.net tomi

    siiiib broo.. jadi sekarang bisa mengatasiinya dan gak perlu panik :D

  • http://rusyd.web.id rusydi

    wow baru tau kalo password user wordpress == password database
    nais info gan
    :)

  • http://nuralief.web.id alief

    @rusydi, pasword user wordpress tidak sama dengan pasword database.tapi database yg dipakai menyimpan informasi pasword dan user serta segala hal tentang wordpress

  • http://terapiurin.tk Terapi Urin

    saya seringkali terjadi kasus lupa password karena begitu banyak blog yg saya buat. Terima kasih atas ilmunya

  • http://www.realodix.com Realodix

    Keren Bro caranya..
    Ternyata masih bisa diakalin juga yaa.. hehe

    • http://lintasbatas.org alief

      kalo katanya kan banyak jalan menuju roma…. :p