Membuat Dynamic Sidebar

Pada saat memilih thema dengan model majalah cetak ini, pembuatnya tidak menyertakan widget ready pada thema buatanya. Nah karena aku merasa kurang semarak rasanya sebuah blog tanpa adanya widget, makanya aku menambahkan dua buah widget area, yang berada di sidebar dan dibagian bawah.
Karena sangat tidak nyaman tentunya bila ingin menambah atau mengganti widget saja harus berkali-kali membongkar susunan theme.

Untuk membuat dynamic sidebar atau sebuah theme menjadi widget ready sebenarnya tidak lah susah. Yanng perlu dimiliki adalah kemauan membaca dan mencoba. Hanya itu saja modalnya, dan tentunya juga adalah sebuah komputer yang terhubung ke internet, walaupun sebenarnya menggunakan ponsel juga bisa, tapi dengan tampilan yang sedikit kacau…. :)

Sebenarnya begitu banyak panduan membuat dynamic sidebar diluar sana kalau kita mau bertanya pada eyang google, tapi kalau mau yang berbahasa indonesia, mungkin yang aku tulis ini bisa sedikit membantu, atau malah membuat semakin bingung, tapi yang jelas artikel ini aku buat sebagai catatan pribadi, kalau saja ntar aku mau mengoprek theme lagi. Dan insya allah, memang sedang mau membuat theme dari awal sendiri, karena ebook dan panduanya sudah ada, tinggal nunggu waktu luang untuk prakteknya saja.

BAlik lagi ke masalah membuat dynamic sidebar, yang harus dilakukan adalah menambahkan kode berikut pada bagian functions.php. Bila file tersebut belum ada, jangan ragu-ragu untuk membuat dan menguploadnya kedalam direktori theme yang mau ditambahkan sidebarnya.

<?php
if ( function_exists(‘register_sidebar’) )
register_sidebar(array(‘name’=>’sidebar1′,
‘before_widget’ => ”,
‘after_widget’ => ”,
‘before_title’ => ‘<h3>’,
‘after_title’ => ‘</h3>’,
));
register_sidebar(array(‘name’=>’sidebar2′,
‘before_widget’ => ”,
‘after_widget’ => ”,
‘before_title’ => ‘<h3>’,
‘after_title’ => ‘</h3>’,
));
?>

Dari kode diatas, kita akan membuat dua buah sidebar, dan teman-teman bisa menambahkanya bisa merasa kurang atau merasa masih memiliki ruang yang cukup dalam blognya dengan menambahkan kode

register_sidebar(array(‘name’=>’sidebarxx’,
‘before_widget’ => ”,
‘after_widget’ => ”,
‘before_title’ => ‘<h3>’,
‘after_title’ => ‘</h3>’,
));

sebelum tanda ?>. Dengan penambahan kode tersebut pada functions.php, akan memunculkan widget area pada tab widgets saat kita akses dari dashboard, tapi widget yang sebenarnya belum bisa muncul pada halaman blog kita.

Langkah berikutnya adalah menambahkan kode yang bisa memunculkan widget yang kita pasang pada front end blog kita, agar para pengunjung juga bisa menikmatinya. Penempatanya terserah teman-teman, tidak harus benar-benar berada di sidebar. Untuk kasusku, aku menempatkanya pada sidebar dan di atas footer. Berikut ini kodenya

<?php if ( !function_exists(‘dynamic_sidebar’)
|| !dynamic_sidebar(‘sidebar1′) ) : ?>
<?php endif; ?>

Karena dalam functions.php kita membuat dua slot sidebar, maka kita bisa membuat sebuah kode lagi yang sama persis dengan kode di atas, hanya saja bagian (‘sidebar1′) nya diubah menjadi (‘sidebar2′) atau sesuaikan dengan nama yang telah dimasukan dalam functions.php tadi.
Ingat selalu untuk mengeklik tombol update file setelah selesai mengedit file.

Coba lihat kembali pada kode yang ada pada functions.php yang baru saja dibuat. Pada bagian before_widget dan after_widget tidak memiliki nilai atau pengaturan. Hal ini bisa dilihat dengan tidak adanya nilai diantara tanda ‘ dan ‘ yang terletak setelah tanda =>. Kita bisa memasukan nilai seperti pengaturan huruf dan paragraf.

Sedangkan untuk title, memakai heading h3, untuk itu pastikan setting untuk heading h3 sudah tersedia di css. Buka style.css dan bila ternyata belum ada tambahkan pengaturan untuk heading h3 tersebut agar hasilnya begus. Untuk blog ini sendiri memakai pengaturan sebagai berikut

h3 {
font:1.1em Arial;
font-weight:bold;
background:#cc0000;
color:#fff;
margin:10px -6px 5px -20px;
padding:3px 10px;
}

Untuk setting tersebut temen-temen bisa berkreasi sendiri agar lebih sesuai dengan tampilan thema yang sedang dipakai.

Yups…., itu adalah caraku untuk membuat dynamic sidebar, kalau ada kesalahan dan kekurangan mohon masukanya.